Dasar Pembuatan Objek

Pengetahuan Dasar Objek Pada Flash MX

Di dalam Flash MX terdapat berbagai macam objek yang sangat unik diantaranya yaitu oval tool (yang sering digunakan untuk menggambar sebuah lingkaran) dan rectangle tool (yang sering digunakan untuk menggambar sebuah bujur sangkar atau persegi panjang). Kedua tool tersebut bersifat patenyakni sudah menjadi bawaan Flash MX itu sendiri. Kedua objek tool tersebut (oval tool & rectangle tool) terdiri dari dua bagian yaitu: Outline dan fill. Outline merupakan bagian terluar dari objek tersebut, sedangkan fill merupakan bagian terdalam dari objek tersebut yang dapat diisi dengan warna atau gambar.

Outline & Fill dapat disatukan dengan cara membuatnya menjadi satu grup, yaitu dengan perintah:
Group (dapat dipilih melalui menu Modify > Group) atau dengan cara menekan tombol Ctrl+G secara
bersamaan. Tetapi sebelum Anda menjadikan Outline & Fill menjadi satu grup yang harus Anda
lakukan adalah memblok seluruh bagian Outline & Fill hingga terlihat seperti gambar m.1. Jika telah
diblok maka Anda harus membuatnya menjadi satu grup dengan cara yang telah dijelaskan diatas.

15.Membelah Objek dengan Line ToolOutline Fill

Selain itu dalam pemotongan gambar melalui Flash MX tools sangatlah mudah, karena Anda dapat
menggunakan berbagai macam cara. Misalnya dalam memotong sebuah fill dengan menggunakan linetool.

Menggambar dengan Pencil Tool
Dalam membuat sebuah objek, Anda dapat menggunakan tool yang terdapat pada Tools box, yaitu
pencil tool.
Jika Anda memilih Straighten maka objek yang Anda buat akan berbentuk bujur sangkar yang rapi.
Tetapi jika Anda memilih Smooth maka objek yang Anda buat akan tampak halus garisnya meskipun
tidak serapih straighten. Begitu pula dengan Ink bentuknya juga tidak serapih Straighten, tetapi yang
membedakan antara Ink dengan Smooth adalah garisnya yang kurang halus(masih terlihat kasar).

16.Menggambar dengan Pen Tool Straighten Smooth Ink

Pen tool biasanya digunakan untuk menggambar objek dengan metode edit points. Untuk
menggambar sebuah objek, Anda tinggal menentukan posisi dari edit points yang Anda inginkan.
Gambar p. objek dengan pen tool
Mewarnai objek dengan Brush Tool
Brush yang artinya sendiri adalah sikat/kuas. Tool ini digunakan untuk mewarnai sebuah objek secara
keseluruhan. Ada 5 metode pemberian warna pada brush tool
Merubah Bentuk Objek dengan Arrow Tool
Merubah dalam flash mx sangatlah mudah dan efisien. Untuk mengubah bentuk suatu objek Anda
dapat menggunakan arrow tool. Dengan arrow tool Anda tinggal mengubah suatu objek dengan
menggerakkan outline (garis objek) dari objek tersebut.

17.Merubah Bentuk Objek dengan Subselection Tool Edit points

Merubah bentuk suatu objek dengan menggunakan Subselection tool sangatlah mudah dan
menyenangkan, karena dengan subselection tool Anda dapat merubah suatu objek tool menjadi suatu
objek yang Anda inginkan.

18.Dasar – Dasar Pewarnaan Objek Pada Flash MX

Untuk memberikan efek yang baik pada suatu animasi ada kalanya kita harus mengatur warna suatu
objek agar terlihat menarik. Dalam pewarnaan suatu objek pada Flash MX kita dapat menggunakan
berbagai macam tools, diantaranya yaitu:
A. Color Mixer.
B. Color Swatches.
C. Paint Bucket Tools.
D. Ink Bottle Tools.
E. Brush Tools.
F. Fill Transform Tools. (Untuk mengatur efek warna radial)
Jika Anda menginginkan animasi yang Anda buat mempunyai tampilan menarik dan indah, maka
Anda harus memberi efek warna yang baik pula. Oleh karena itu kali ini kita akan belajar bagaimana
memberikan efek warna pada suatu objek agar terlihat lebih indah.
Memberi warna dengan Color Mixer & Color Swatches
Untuk memberi efek warna pada objek pada Flash MX hanya membutuhkan 2 color tool, yaitu: Color
Mixer & Color Swatches. Saat ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan tools
tersebut.

Didalam Color mixer terdapat 5 macam type fill:
1. None – tidak memberi warna apapun pada fill.
2. Solid – memberi warna padat pada fill.
3. Linier – memberi warna berbentuk linier pada fill.
4. Radial – memberi efek warna radial pada fill.
5. Bitmap – memberi image pada fill. (untuk mengimpor file gambar gunakan import to library
pada file menu).
Penentu Warna
Penentu Warna Transparan
Penentu Brightness
Penentu Type Fill
19.Ruang Warna

Untuk memberi warna pada objek yang ditentukan, Anda harus menggunakan tools yang bernama
paint bucket tool. Biasanya yang diberi warna pada object ialah fill-nya saja. Untuk memberi warna
pada outline, Anda harus menggunakan ink bottle tool.
Pada pojok kanan window color mixer terdapat R, G, B (yang biasa disebut sebagai penentu warna).
R(Red) digunakan untuk memberi nilai seberapa besar kemerahan warna objek tersebut. G(Green)
digunakan untuk memberi nilai seberapa besar kehijauan warna objek tersebut. B(Blue) digunakan
untuk memberi nilai seberapa besar kedalaman warna biru pada objek tersebut. Alpha memberi efek
warna transparan pada objek yang dituju.
Gambar q.2. Color Swatches
Pada color swatches untuk memberi warna pada object prinsipnya sama saja dengan color mixer, yang
membedakannya yaitu kalau pada color mixer Anda dapat mencampurkan berbagai warna sekaligus
memodifikasinya menjadi suatu efek warna sesuai dengan keinginan Anda. Tetapi kalau pada color
swatches efek warna sudah ditentukan oleh system. Melalui color mixer Anda dapat membuat warna
baru di color swatches.
20.Mengatur Tata letak warna pada Objek
Untuk mengatur tata letak warna pada objek dapat menggunakan tool yang bernama Fill Transform Tool. Cara menggunakannya yaitu:
1. Pilih seluruh area dari objek tersebut. Kemudian pilih Fill Transform Tool dari Tools Box.
2. Setelah itu klik kembali objek yang akan diatur warnanya.

Selain cara-cara diatas Anda masih dapat mengontrol warna lewat tools box. Hanya saja warna pilihan
untuk outline beserta fill bersifat solid. Kunci kesuksesan dalam membuat suatu animasi bersifat
interaktif terletak dalam pengaturan warnanya. Jika Anda memberikan warna yang solid saja pada animasi Anda maka animasi yang Anda buat tersebut akan terlihat kurang menarik. Karena itu efek warna sangat diperhitungkan dalam pembuatan suatu animasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s