Komponen Form Flash MX

Komponen FlashMX

Komponen form pada FlashMX lebih komplektible dibandingkan dengan Flash versi sebelumnya. Dalam hal komponen flashMX, ada beberapa komponen yang bisa dijadikan objek. Misal, link ke database, movie clip, banner dan sebagainya.

Komponen-komponen FlashMX ini sudah disediakan ketika kita menginstall software FlashMX. Tetapi sebenarnya komponen-komponen tersebut dibuat lewat script OOP (Object Oriented Programming). Anda akan menemukan segudang pertanyaan jika Anda melihat metode, class dan properties objek script FlashMX. Bagi Anda yang awam terhadap script +baik itu C++, Java atau JavaScript sebaiknya jangan langsung masuk mempelajari FlashMX. Hal ini karena bahasa script FlashMX tingkat tinggi karena adanya penggabungan logika baik itu script Java, C++, JavaScript dan FlashMX itu sendiri.

Penggunaannya dengan script FlashMX

Penggunaan komponen-komponen FlashMX ini tentu berhubungan dengan script FlashMX itu sendiri dan jika tingkat advance, maka Anda akan berhadapan dengan script C++, Java yang orientasinya objek. Dalam FlashMX script ini harus Anda pelajari mulai dari dasar terlebih dahulu baru kemudian dikembangkan.

Memang banyak sekali metode, class dan properties script FlashMX ini, tetapi sangat menarik sekali jika kita telaah lebih jauh lagi. Dengan syarat Anda harus sudah menguasai teknik dasar script FlashMX.

KOMPONEN FLASHMX

KASUS

Kasus 4.K.1

PT. Rilatus ingin membuat komponen form dari FlashMX, di mana data dari form itu akan masuk ke listbox (kotak daftar data). Nah, Anda diharuskan memecahkan masalah ini, agar daftar data bisa dipakai oleh manager PT. Rilatus.

Langkah Penyelesaian Kasus

1. Buat komponen form dari FlashUI Component

Catatan

Anda tidak perlu membuat latarbelakang (background), cukup membuat form textField, push_pb dan list_lb.

Tugas1: Membuat textField

Langkah-langkah tugas1 :

Buat textField dengan Text Tool pada Toolbar lihat jendela properties

Tugas Sumber Kasus Hasil
Buat textField dengan Text Tool  Sumber 4.k.1 1. Setiap textField, Labelnya berbeda-beda, seperti untuk item P1: P1_txt, P2: P2_txt, P3: P3_txt (Lihat Label yang ditunjuk tanda panah pada jendela properties).
2. Yang lainnya ikuti sama persis seperti yang ada pada jendela properties.

Catatan

textField adalah tempat meng-Input data (mengisi) suatu string.

Tugas2: Membuat Tombol push_pb

Langkah-langkah tugas2 adalah :

Buat tombol dengan component FlashUI dari jendela Component FlashUI

Tugas Sumber Kasus Hasil
Buat tombol component dengan FlashUI Sumber 4.k.1 1. Ikuti seperti di jendela Properties.
2. Isikan pemanggilan fungsi pada Click Handler dengan submitForm.

Tugas3: Membuat ListBox list_lb

Langkah-langkah tugas3 adalah :

Buat ListBox dengan component FlashUIdari jendela Component FlashUI dan lihat juga jendela properties
Tugas Sumber Kasus Hasil
Buat ListBox component dengan FlashUI Sumber 4.k.1 1. Ikuti seperti di jendela Properties.
2. Isikan pemanggilan fungsi pada Click Handler dengan getItem

Tugas4: Membuat Script Action FlashMX

Langkah-langkah tugas4 adalah :

harus melihat secara jeli event (kejadian) yang akan kita berikan pada objek.

Misal: ketika kita mengisi nilai string pada textField, yaitu P1_txt, P2_txt, dan P3_txt, maka nilai string tersebut ketika Anda klik tombol push_pb akan masuk ke ListBox sebagai dataobjek. Bagaimana caranya, bisa begitu? Anda lihat script FlashMX dalam Implementasinya di bawah ini.

Implementasi Penyelesaian Kasus

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah penyelesaian kasus 4.K.1 di atas, maka buat script action FlashMX (perhatikan method, class dan function).

1. Tugas1: Buat script action event pada ListBox list_lb

Tugas Tindakan
Script untuk list_lb 1. Panggil nama fungsinya, yaitu : function getItem(component_lb).
2. Buat indicator variable untuk listbox, yaitu : item di mana ketiga textField tersebut sama dengan dataobjek (lihat baris script di bawah ini) :
var item = component_lb.getSelectedItem();
P1_txt.text = dataObject.P1;
P2_txt.text = dataObject.P2;
P3_txt.text = dataObject.P3;
Method getSelectedItem() dipakai untuk mendapatkan nilai string dari P1_txt, P2_txt, dan P3_txt ke ListBox. Nah, nilai string ini pada ListBox adalah item.
3. Buat listbox tersebut backgroundnya warna hijau dan font face warna hitam. Panggil dengan nilai new FstyleFormat() dan indicator variable mystyle (lihat baris script di bawah ini) :
mystyle = new FStyleFormat();
mystyle.face = 0x000000;
mystyle.background = 0xAAE8A2;
mystyle.addListener(list_lb);
mystyle.applyChanges();
Method mystyle.applyChanges() dibuat agar nilai yang dipanggil, seperti background warna hijau, face warna hitam didengar list_lb sehingga terjadi efek (buktikan sendiri). Untuk list_lb mendengar tambahkan method mystyle.addListener(list_lb).

Catatan

Nama variablenya bebas Anda tentukan sendiri, asalkan didefinisikan dengan method dan class yang ada pada action script FlashMX.

2. Tugas2: Buat script action event pada tombol push_pb

Tugas Tindakan
Script untuk push_pb 1. Panggil nama fungsinya, yaitu : function sendForm(form).
2. Buat indicator variable tombol, yaitu : item dan method addItem, ketika diklik var item yang punya nilai string dari P1_txt, P2_txt, P3_txt tersebut akan masuk ke ListBox (lihat baris script di bawah ini) :
4. var item = {P1: P1_txt.text, P2: P2_txt.text, P3: P3_txt.text}
5. list_lb.addItem(P1_txt.text, item);
6. list_lb.addItem(P2_txt.text, item);
7. list_lb.addItem(P3_txt.text, item);
Selamat mencoba!!.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s