Emulasi Router Juniper on VMWare

Pada jaringan JARDIKNAS, router yang dipakai adalah Juniper J2300, oleh karena itu pada artikel berikut ini akan menjelaskan tentang metode untuk menjalankan Juniper JunOS dengan menggunakan VMWare. JunOS yang akan dijalankan adalah JunOS 10.2R3.10 untuk router Juniper M-series, MX-series dan T-series.

INSTALASI

ALAT/SOFTWARE Yang Dibutuhkan :

  1. FreeBSD. FreeBSD ini berfungsi untuk menjalankan JunOS. FreeBSD yang digunakan dalam artikel ini adalah FreeBSD 4.11 mini-inst ISO yang bisa di download di ( ftp://ftp-archive.freebsd.org/pub/FreeBSD-Archive/old-releases/i386/ISO-IMAGES/4.11/4.11-RELEASE-i386-miniinst.iso ). FreeBSD versi 6 atau 7 juga bisa digunakan.
  2. Package dari JunOS itu sendiri. Silahkan cari sendiri, atau download dari situs resminya juniper kalo punya akunnya :P
  3. VMWare Workstation. Jangan pake VMWare ESXi soalnya ga bakalan bisa. Di artikel ini menggunakan VMWare Workstation versi  7.0.1 build-227600.

LANGKAH PERTAMA

Install VMWare Workstationnya. Gampang lah nginstall software ini. Tinggal next..next…beres. Jadi instalasi VMWare ini ga perlu dijelaskan yaa…:P

LANGKAH KEDUA

1.       Buka VMWare Workstation

2.       Buat virtual machine baru dengan cara klik “ New Virtual Machine”. Setelah muncul jendela “ New Virtual Machine Wizard” kemudian klik “Next”. Pilih opsi “installer disc image file (iso)” kemudian tekan tombol “next” terus sampai “finish”

3.       Setelah selesai, nyalakan virtual machine tadi dan mulai langkah – langkah untuk instalasi FreeBSD.

LANGKAH KETIGA ( INSTALASI FREEBSD )

Setelah virtual machine tadi dinyalakan, maka virtual machine tadi akan booting ke FreeBSD melalui disc image tadi. Setelah booting selesai, maka yang akan keluar “ Kernel Configuration Menu”. Pilih opsi yang pertama yaitu “Skip kernel configuration and continue with installation”.

Setelah itu, akan muncul opsi untuk instalasi FreeBSD, pilih “Standard” :

Setelah muncul FDISK Partition Editor, tekan A untuk mengalokasikan seluruh harddisk untuk FreeBSD kemudian tekan Q untuk keluar dari FDISK Partition Editor kemudian pilih “ install a standard Editor”.

Pada “ FreeBSD Disklabel Editor”, tekan C untuk membuat partisi berikut :

ad0s1a        /               1024M

ad0s1b         swap            1024M

ad0s1e         /config         12M

ad0s1f         /var            sisanya

Pilih “User” untuk tipe distribusinya dan jawab “ no” untuk pertanyaan “Would you like to install the FreeBSD ports collection?”. Keluar dari menu dan install dari CD/DVD.

Tunggu sampai proses instalasi selesai. Selama proses instalasi, system akan menanyakan beberapa konfigurasi. Tinggal jawab “no” aja. Setelah proses instalasi hamper selesai, system akan meminta untuk mengisi password “root”, isi password tersebut dengan password yang dikehendaki.  Setelah semua selesai, restart virtual machine ini.

LANGKAH KEEMPAT ( INSTALASI JunOS )

Download file JunOS (jinstall-10.2R3.10-export-signed.tgz)  yang akan diinstall ke dalam FreeBSD yang baru diinstal tadi.  Masukkan file jinstall-10.2R3.10-export-signed.tgz ke dalam direktori /var/tmp/. Lakukan langkah – langkah berikut :

cd /var/tmp
mkdir jinst-signed
cd jinst-signed
tar zxvf ../ jinstall-10.2R3.10-export-signed.tgz
mkdir jinst
tar zcfv /var/tmp/jinstall-8.5R1.14-domestic-olive.tgz *
tar zxvf ../ jinstall-10.2R3.10-export-signed.tgz

Edit file +INSTALL dan +REQUIRE. Temukan baris Error “hw.re.name sysctl not supported.” Kemudian ganti kata Error dengan error_more ( hati-hati soalnya case sensitive). Setelah diganti kemudian simpan dan keluar. Teruskan dengan langkah berikut :

mkdir pkgtools
cd pkgtools
tar zxvf ../pkgtools.tgz
cd bin
cp /usr/bin/true ./checkpic
cd ..
tar zcvf ../pkgtools.tgz *
cd ..
rm-rf pkgtools
tar zcfv /var/tmp/jinstall-10.2R3.10-olive.tgz *
pkg_add –f /var/tmp/jinstall-10.2R3.10-olive.tgz

Pada saat proses instalasi berjalan, maka akan muncul seperti gambar dibawah ini. Setelah proses instalasi selesai, matikan virtual machine ini.

Setelah virtual machine ini mati, edit file .vmx dari virtual machine ini. Misalnya nama virtual machine tadi adalah FreeBSD, buka file FreeBSD.vmx. Ganti nilai “TRUE” pada scsi0.present menjadi “FALSE”. Simpan file FreeBSD.vmx kemudian start kembali virtual machine tadi. Selama proses booting, layar di VMWare hamper tidak menampilkan apa – apa karena semua output booting hanya bisa dilihat melalui terminal console. Tunggu beberapa saat ( 3 – 5 menit ) sampai proses booting selesai. Silahkan login dengan menggunakan username “root”

Untuk masuk ke JunOS command line interface, ketik “cli” (tanpa tanda petik)

 

Dari gambar diatas terlihat bahwa ospf sudah jalan, artinya multicast juga jalan di vmware ini :)

Let’s try it…

Sumber

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s