Emulasi Router Juniper on VMWare

Pada jaringan JARDIKNAS, router yang dipakai adalah Juniper J2300, oleh karena itu pada artikel berikut ini akan menjelaskan tentang metode untuk menjalankan Juniper JunOS dengan menggunakan VMWare. JunOS yang akan dijalankan adalah JunOS 10.2R3.10 untuk router Juniper M-series, MX-series dan T-series.

INSTALASI

ALAT/SOFTWARE Yang Dibutuhkan :

  1. FreeBSD. FreeBSD ini berfungsi untuk menjalankan JunOS. FreeBSD yang digunakan dalam artikel ini adalah FreeBSD 4.11 mini-inst ISO yang bisa di download di ( ftp://ftp-archive.freebsd.org/pub/FreeBSD-Archive/old-releases/i386/ISO-IMAGES/4.11/4.11-RELEASE-i386-miniinst.iso ). FreeBSD versi 6 atau 7 juga bisa digunakan.
  2. Package dari JunOS itu sendiri. Silahkan cari sendiri, atau download dari situs resminya juniper kalo punya akunnya :P
  3. VMWare Workstation. Jangan pake VMWare ESXi soalnya ga bakalan bisa. Di artikel ini menggunakan VMWare Workstation versi  7.0.1 build-227600.

LANGKAH PERTAMA

Install VMWare Workstationnya. Gampang lah nginstall software ini. Tinggal next..next…beres. Jadi instalasi VMWare ini ga perlu dijelaskan yaa…:P

LANGKAH KEDUA

1.       Buka VMWare Workstation

Continue reading

Zeroshell

Mungkin kalo ditanya tentang os mikrotik semua dah pada tau karena memang sangat handal digunakan dalam menangani server baik jaringan dalam skala kecil sampai pada jaringan skala besar seperti Wan Kota. Tapi pernahka terfikir bahwa ada os berbasis linux yang mirip dengan mikrotik dan kemampuannya pun sama-sama handal dalam menangangi jaringan, dan kabar baiknya pun os ini open source.

os yang dikembangkan oleh Fulvio Ricciardi ini memiliki fitur jaringan seperti:

Continue reading

Tutorial Easy Hotspot

“Berawal dari” tema TA ku yang mengharuskan untuk mempelajari yang namanya hotspot, n hotspot yg free source dan mantaf digunakan adalah easy hotspot. Easy Hotspot adalah sebuah bundle distro linux berbasis ubuntu 7, yang memang sengaja dipaketkan oleh anak bangsa, dan sudah diakui di dunia internasional, untuk keperluan hotspot building. dimana paket itu sudah meliputi tiga kompon

1. MySql : Sarana penyimpanan data2 dan informasi2
2. FreeRadius : Untuk membangun Radius Server, yaitu merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan keamanan jaringan wireless untuk melakukan authentication, authorize, dan accounting, untuk meremote para pengguna atau user yang ingin mengakses suatu layanan jaringan.
3. Chillispot : Adalah captive portal yang di desain untuk authentikasi terhadap database keabsahan user yang sudah ada, seperti RADIUS

Dengan ketiga komponen tersebut, maka sudah lengkaplah distro tersebut sebagai distro untuk membangun hotspot dengan AAA [authentication, authorized, & accounting]. Bisa diartikan sendiri lah ya. info lengkap mengenai Easy Hotspot
Continue reading

Install Ubuntu lewat Windows

ubuntulogohdwallpapersh51 Ubuntu oh Ubuntu… Selain Open Source dijamin Anda akan terbebas dari Razia OS :D. Yah namanya juga OS gratis tanpa perlu beli cd keyNya, selain itu fitur-fiturnya tidak kalah menarik n semuanya juga serba Open Source. Namun bila Anda tetap ngotot pake OS Windows tidak salah bila mencobanya dulu lewat Live CD atau Dengan solusi menginstall di Windows aja dengan menggunakan Software Wubi + iso Linux Ubuntu. Keunikan dari Wubi ini windows akan mendeteksi Ubuntu Linux dibawah programnya seperti microsoft Office ataupun Photoshop.
Continue reading